Cara Membuat Putu Mayang Legit dan Nikmat

Putu Mayang. Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Lihat juga resep Putu Mayang UniCorn, Putu Mayang enak lainnya!

Putu Mayang This noodle-like dish served with kinca (liquid palm sugar) in Betawi and Javanese cuisine. We love to eat, cook, and bake especially Indonesian snack. This video will show you how to make Indonesian traditional sweet snack called Putu Mayang. Cara membuatnya tidak sulit Putu Mayang menggunakan 14 bahan dan 6 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Putu Mayang

  1. Siapkan 500 gram tepung beras.
  2. Siapkan 200 gram tepung sagu tani.
  3. Siapkan 6 sdm gula pasir.
  4. Dibutuhkan 1 ltr santan kental.
  5. Dibutuhkan 2 lbr daun pandan.
  6. Siapkan Secukupnya garam.
  7. Dibutuhkan Pewarna makanan.
  8. Siapkan Bahan Saus :.
  9. Siapkan 700 ml santan.
  10. Dibutuhkan 350 gram gula merah.
  11. Dibutuhkan 5 sdm gula pasir.
  12. Siapkan 1 bks bubuk vanili.
  13. Dibutuhkan Secukupnya Garam.
  14. Dibutuhkan 2 lbr daun pandan.

Resep putu mayang ini adalah memasukkan tepung beras, garam, gula pasir dan santan ke dalam alat memasak tersebut. Itulah resep kue putu mayang yang bisa menggoyangkan lidah Anda. Kue putu mayang is an Indonesian string hopper made of starch or rice flour and coconut milk, then shaped like noodles. Putu mayang, kue berbentuk seperti untaian benang kusut beraneka warna yang disantap dengan kuah gula merah, juga merupakan salah satu penganan tradisional yang sering muncul kala bulan.

Langkah Pembuatan Putu Mayang

  1. Kukus tepung beras selama 1 jam sebelum dikukus ciprat2kan dengan air, alasi dengan daun pisang saat mengukus..
  2. Masukan tepung beras yg sudah dikukus tadi kedalam santan, beri gula, garam dan daun pandan aduk rata, kemudian masak sampai adonan mengental seperti bubur sumsum lalu angkat dan campurkan dengan tepung sagu kemudian uleni, sampai kalis dan bisa dibentuk, pisahkan beberapa bagian untuk diberi pewarna biar cantik😊😊.
  3. Masukan adonan ke dalam cetakan kue putu, sebenarnya ada cetakan khasnya cuma sy g punya jadi yg ada aja😆😆.
  4. Cetak adonan dengan dialasi daun pisang panaskan langseng lalu kukus kue jgn lupa tutup langseng alasi serbet. Kurleb 20 menit atau smp matang, klo permukaan sudah licin n bagus artinya kue sudah matan.
  5. Kemudian buat sausnya, rebus santan, Gula merah, gula pasir, vanili, garam dan daun pandan. Aduk2 perlahan sampai mendidih, dijaga agar santan tdk pecah. Bila dirasa kurang manis bisa tambahkan gula atau bila terlalu manis bisa tambah sedikit santannya..dikira2 aja yaa Setelah mendidih lalu angkat n saring..
  6. Putu mayang bisa dinikmat dengan menambahkan sausnya..ehmm yummy😋.

Meski tanpa cetakan, hasilnya itu tetap Resep cara membuat putu mayang, salah satu kue tradisional yang sudah sangat jarang. Kue putu mayang yang satu ini begitu enak dan nikmat, siraman kuahnya membuat kue ini terasa lebih spesial. Kue putu mayang merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari betawi. Kue putu mayang ini memiliki bentuk unik dengan warna-warna menarik. Tapi kue ini sudah jarang ditemukan, kalau pun ada, kue ini muncul saat acara-acara tertentu saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel