Resep: Petulo (Putu Mayang) Endeus Legit dan Nikmat

Petulo (Putu Mayang) Endeus. Petulo Bu Nurhayati, Warga Jajag, Banyuwangi. Sudah belasan tahun menjalani profesi menerima pesanan petulo. Dari profesi ini dia bisa menghasilkan.

Petulo (Putu Mayang) Endeus Cetak adonan menggunakan cetakan putu mayang. Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Cara membuatnya tidak sulit Petulo (Putu Mayang) Endeus menggunakan 9 bahan dan 7 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Petulo (Putu Mayang) Endeus

  1. Dibutuhkan 150 gr tepung beras.
  2. Siapkan 200 ml coconut milk.
  3. Dibutuhkan 100 ml air matang.
  4. Dibutuhkan 1 sdm gula pasir.
  5. Siapkan sejumput garam.
  6. Siapkan 1 simpul daun pandan.
  7. Siapkan 3 sdm / 50 gr tepung tapioka.
  8. Siapkan 1 tetes pewarna hijau.
  9. Dibutuhkan 1 tetes pewarna merah/ merah muda.

Masukkan adonan petulo atau putu mayang ke dalam plastik semprot. Lubangi sedikit ujungnya, lalu semprot melingkar hingga membentuk mi. Letakkan petulo dalam loyang yang sudah dialasi daun pisang. Sementara putu mayang adalah petulo versi Jawa yang biasa di hidangkan kering atau berkuah bentuknya seperti gethuk lindri yang di Kali ini resep kue akan menyajikan petulo yang dicampur kentang sehingga rasanya sangat enak.

Cara Pembuatan Petulo (Putu Mayang) Endeus

  1. Campur tepung beras, gula, garam, santan, air, dan daun pandan. Aduk-aduk hingga tercampur rata/ tidak bergerindil. Masak di atas kompor api kecil sambil terus diaduk hingga menggumpal rata. Matikan api, tunggu sebentar hingga uap panas hilang..
  2. Segera tambahkan tepung tapioka. Aduk rata (bisa menggunakan tangan yang bersih)..
  3. Pisahkan menjadi 2 adonan, yang masing-masing diberi tetesan warna sesuai selera. Karena saya lebih suka warna yang tidak terlalu pekat menyala, saya hanya pakai 1 tetes di tiap adonan (agak berhati hati karena pigmentasi warna bisa menjadi lebih tajam setelah dikukus)..
  4. Bentuk-bentuk ke dalam cetakan. Bisa cetakan petulo khusus/ cetakan pasta mi/ plastik segitiga. Karena tidak punya cetakan khusus, saya akali dengan cetakan pasta 😂 karena ingin ukuran yang ramping-ramping seperti yang dijual..
  5. Cetak sesuai selera bentuk di atas baking paper/ daun pisang yang sudah dioles sdikit minyak agar tidak lengket..
  6. Kukus di dandang panas hingga matang kurang lebih selama 15 menit/ hingga matang. Angin-anginkan..
  7. Lepas alas kukus. Sajikan bersama serabi dan kuah kinca^^.

Ini dia resep petulo atau putu mayang sederhana enak. Tutup dandang dan lapisi dengan kain bersih, api sedang saja ketika mengukus putu mayang, buka sedikit tutup dandang supaya putu mayang tidak terlalu mengembang. Odkryj Not Focused Petulo Putu Mayang Traditional stockowych obrazów w HD i miliony innych beztantiemowych zdjęć stockowych, ilustracji i wektorów w kolekcji Shutterstock. Codziennie dodajemy tysiące nowych, wysokiej jakości obrazów. Resep putu mayang petulo enak legit manis dan disukai banyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel