Resep: Putu Mayang atau Petulo ang Gurih

Putu Mayang atau Petulo. Dalam video kali ini saya akan memberikan resep kreasi putu mayang atau patulo diadaerah jember dikenalnya. Untuk membuat putu mayang sangatlah mudah dan. Petulo disebut juga patulak, atau putu mayang.

Putu Mayang atau Petulo Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Merdeka.com - Petulo atau putu mayang adalah panganan yang sering disajikan bersama angsle. Cara membuatnya cukup mudah Putu Mayang atau Petulo menggunakan 14 bahan dan 3 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Putu Mayang atau Petulo

  1. Dibutuhkan Bahan-bahan :.
  2. Dibutuhkan 200 gr tepung beras.
  3. Siapkan 50 gr tepung tapioka.
  4. Dibutuhkan 300 ml santan kekentalan sedang.
  5. Dibutuhkan 1/2 sdt garam.
  6. Siapkan Pewarna makanan.
  7. Siapkan Daun pisang.
  8. Dibutuhkan Saus Kinca:.
  9. Dibutuhkan 250 gr gula merah, potong-potong.
  10. Dibutuhkan 3 sdm gula pasir.
  11. Siapkan 500 ml santan kekentalan sedang.
  12. Siapkan 1/2 sdt garam.
  13. Siapkan 1 sdm maizena larutkan dengan sedikit air.
  14. Siapkan 2 lembar daun pandan simpulkan.

Kadang juga disajikan terpisah dengan kuah santan Masukkan adonan petulo atau putu mayang ke dalam plastik semprot. Lubangi sedikit ujungnya, lalu semprot melingkar hingga membentuk mi. Salah satu kue tradisional favorit aku & suami nih. Sebenernya dari dulu nih paksu minta dibikinin ini, cuma karna gak punya cetakan baru dehh sekarang bikinnnya, itu pun tanpa cetakan yah.

Langkah Pembuatan Putu Mayang atau Petulo

  1. Campurkan tepung beras dan garam lalu tuangi santan, aduk rata hingga tepung beras larut. Rebus tepung beras dengan api kecil sambil aduk terus dengan sendok kayu hingga mengental. Matikan api, masukkan tapioka lalu aduk hingga rata dan kalis. Bagi menjadi 3 bagian, beri pewarna makanan..
  2. Masukkan adonan ke piping bag dan gunting di bagian ujung (kecil saja). Pencet bagian ujung piping bag dan letakkan adonan yg keluar di atas potongan daun pisang yang sudah dioles tipis minyak. Lakukan hingga adonan habis..
  3. Panaskan kukusan lalu kukus sampai matang dengan api sedang saya +- 15 menit dan angkat. Cara Membuat Kinca: 1. Campurkan santan, gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan. 2. Rebus sambil diaduk2 hingga mendidih. 3. Tuangkan larutan maizena dan masak hingga mendidih lalu saring..

Samakah petulo dengan putu mayang ? Ini dia resep petulo atau putu mayang sederhana enak. Tutup dandang dan lapisi dengan kain bersih, api sedang saja ketika mengukus putu mayang, buka sedikit tutup dandang supaya putu mayang tidak terlalu mengembang. Lihat juga resep Putu Mayang UniCorn, Putu Mayang enak lainnya! Putu Mayang or Petulo is a sweet desert commonly found in Central Java, Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel