Cara Membuat Kue akar sampai/akar kelapa Kekinian

Kue akar sampai/akar kelapa. Kue akar kelapa umumnya disajikan bersama rengginang dan kacang goreng saat acara special, seperti ketika lebaran Idul fitri dan khajatan. Saat ini kota Bekasi merupakan produsen terbesar kue akar kelapa yang kini di kreasikan dengan keju. Sebutannya muncul karena bentuk kue yang mirip dengan akar pohon kelapa.

Kue akar sampai/akar kelapa Kali ini aku mau share cara pembuatan kue akar kelapa. Cocok banget ya buat sajian lebaran atau bisa juga buat ngemil ketika lagi nonton TV. Cara membuatnya lihat dalam video sampai selesai ya. Cara membuatnya cukup mudah Kue akar sampai/akar kelapa menggunakan 8 bahan dan 5 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Kue akar sampai/akar kelapa

  1. Dibutuhkan 500 gr tepung ketan.
  2. Siapkan 12 sdm gula pasir (sesuai selera).
  3. Siapkan 3 sdm margarin.
  4. Dibutuhkan 1/2 sdt vanili cair.
  5. Dibutuhkan 1/2 sdt soda powder.
  6. Dibutuhkan 200 ml santan cair.
  7. Dibutuhkan 1 butir telur.
  8. Dibutuhkan Sejumput garam.

Note : - Untuk penggunaan santannya bisa ditambah atau dikurangi, sesuai keperluan. - tujuan. Resep kue akar kelapa telah diajarkan secara turun temurun di keluarga-keluarga Betawi. Sayangnya, kue yang biasanya disandingkan dengan kacang goreng ini semakin sulit ditemukan. Masyarakat Betawi hanya membuatnya dalam jumlah terbatas menjelang saat-saat istimewa tiba.

Cara Pembuatan Kue akar sampai/akar kelapa

  1. Kocok lepas telur dan gula sampai menyatu. Masukkan sp, garam & vanili. Kocok lagi sampai menyatu..
  2. Masukkan tepung ketan sedikit demi sedikit. Lalu masukkan margarin, aduk dengan spatula..
  3. Masukkan santan cair, aduk lagi adonan sambil masukkan sedikit demi sedikit tepung ketan. Aduk sampai kalis dan gak lengket lagi yaa....
  4. Masukkan adonan tepung dalam cetakan. Goreng dengan api kecil - sedang. Goreng hingga kuning sedikit kecoklatan. Dinginkan sebentar, masukkan dlm toples kedap udara..
  5. Setelah dingin kue nya akan terasa renyah..

Proses pembuatan kue akar kelapa : Pertama, masukkan gula pasir serta telur pada wadah yang Berikutnya uleni adonan tersebut menggunakan tangan sampai adonan menjadi kalis dan mudah di Goreng adonan kue akar yang telah di bentuk sampai benar-benar matang atau warna kue menjadi. Kue akar kelapa adalah kue kering yang berasal dari Betawi dan sekitarnya. Kue ini umumnya disajikan bersama rengginang dan kacang goreng saat acara spesial, seperti ketika lebaran atau hajatan. Dinamakan kue akar kelapa karena bentuknya menyerupai akar pohon kelapa. Sebenarnya, bentuk ini dibuat dengan cetakan khusus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel