Resep: Kue putu/dongkal/awug Yang Enak

Kue putu/dongkal/awug. Kue putu or putu bambu is a traditional cylindrical-shaped and green-colored steamed cake, originating from Indonesia. The cake is made of rice flour called suji and coloured green with extract acquired from pandan leaf, filled with palm sugar, and steamed in bamboo tubes, hence its name. Lihat juga resep Kue Dongkal, Kue Dongkal ala Naila enak lainnya! (Puto umbong, Putu bambu, Putu buluh, Puto bumbong).

Kue putu/dongkal/awug Dodongkal atau Dongkal adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Dongkal terbuat dari beras yang ditumbuk halus hingga menghasilkan tepung. Kemudian tepung beras yang telah halus diisikan gula aren dan dikukus. Cara membuatnya tidak sulit Kue putu/dongkal/awug menggunakan 6 bahan dan 3 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Kue putu/dongkal/awug

  1. Siapkan 250 gram tepung beras.
  2. Dibutuhkan 2 sdm gula.
  3. Siapkan 50 ml air.
  4. Dibutuhkan seujung sendok garam.
  5. Siapkan seujung sendok vanili.
  6. Dibutuhkan secukupnya gula merah cincang.

Bahan utama kue putu sendiri ada beberapa macam yakni ada kue putu berbahan utama tepung beras ( putu bambu ) dan ada juga yang menggunakan bahan Kue putu versi modern ini nampak cantik karena adanya gugusan kelapa parut diatasnya. Dan itulah sebabnya kenapa kue yang satu ini. KUE DONGKAL MIRIP KUE PUTU - INDONESIAN STREET FOOD Подробнее. Putu Bambu Medan, Kue Talam, Lupis dkk Подробнее.

Langkah Pembuatan Kue putu/dongkal/awug

  1. Rebus air, gula, garam dan vanili. Sampai gula larut, kemudian biarkan air sampai hangat..
  2. Campur tepur beras dan air yg sudah hangat, sampai tepung beras bergerindil. Tapi tidak sampai basah..
  3. Kemudian ayak dengan saringan yg agak kasar, hingga trpung beras halus kembali. Setelah itu susun adonan dicetaka, isi dengan gula merah, kemudian ditutp kembali dengan adonan diatasnya. Kukus hingga 30menit, siap disajikan saat masih hangat..

Kue Dongkal adalah salah satu jajanan Betawi yang belakangan mulai terlupakan. Rasanya manis dan gurih, mirip putu. Terbuat dari tepung beras dan gula aren, cita rasa Dongkal bisa dibilang hampir mirip kue putu. Bedanya, kue ini biasanya disajikan dalam balutan warna putih. Indonesian Street Food - Kue Dongkal Legendaris — Смотреть на imperiya.by.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel