Resep: Roti bantal/bolang baling Untuk Pemula

Roti bantal/bolang baling. Di Jawa Barat kue ini lebih dikenal sebagai kue odading atau kue bantal karena bentuknya yang mirip bantal, namun di Jawa Tengah kue ini sering disebut. Bolang Baling Cakwe / Kue Bantal adalah asli makanan indonesia yang. Walau banyak sich ya.yang jual di pinggir jalan banyak.tapi kadang mau beli suka ragu.soalnya buat adonan juga di pinggir jalan biasanya.jadi nggak tega dech.bertabur debu kayaknya.hihi. meTube.id - Resep Cara Membuat Roti Bantal-Bolang-Baling-Odading. kue-bantal-bolang-baling-tokomesin.

Roti bantal/bolang baling Dulu ketika saya masih kecil dan tinggal di Paron, maka pedagang bolang-baling. Kue ini jenis roti goreng atau donat, nama kue ini bermacam-macam tergantung daerah, ada yang bilang kue bantal, odading, bolang baling. Terserah mau dipanggil apa yang jelas kue ini empuk enak dan bikin kenyang. Cara membuatnya tidak susah Roti bantal/bolang baling menggunakan 7 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Roti bantal/bolang baling

  1. Siapkan 10 sdm tepung terigu cakra kembar.
  2. Siapkan 1 butir telur ayam.
  3. Siapkan 1 sdm susu bubuk.
  4. Dibutuhkan 1 sdm gula pasir (boleh ditambah kalo suka manis.
  5. Dibutuhkan 1/2 sdt fermipan/ragi instan.
  6. Siapkan 1 sdm margarin.
  7. Dibutuhkan 50 ml air hangat.

The map created by people like you! Roti Bantal Bolang Baling Wijen Empuk Dan Lembut Dafa Tubehd. Bolang baling adalah kue yang mirip dengan donat. Di Jawa kue bolang baling ini disebut dengan nama Galundeng.

Cara Pembuatan Roti bantal/bolang baling

  1. Buat biang (campurkan air,gula dan femipan dalam mangkok,aduk rata diamkan ± 10 menit sampai biang mengemban/berbusa) kalo tidak berbusa ganti yg baru.
  2. Dalam baskom masukkan tepung terigu, telur,susu bubuk, margarin,lalu masukkan biang, uleni sampai kalis.
  3. Setelah kalis,diamkan dalam baskom,tutup kain bersih,diamkan 45-60menit sampai mengembang 2x lipat.
  4. Buka lalu kembiskan adonan yg mengembang tadi,uleni sebentar, lalu pipihkan ±2cm,bisa dengab rolling pin/ tangan.
  5. Kemudian potong² adonan sesuai selera,lapisi bagian atas adonan dengan air, lalu celupkan ke dalam wijen(tekan sedikit supaya wijen menempel), lalu diamkan ±15 menit.
  6. Goreng adonan dlm minyak panas, gunakan api kecil saja(supaya tidak gosong), cukup balik adonan 1x saja,goreng sampai matang, sajikan.

Galundeng adalah roti goreng yang terbuat dari tepung terigu dengan memiliki kulit luar yang agak renyah dan berwarna cokelat muda. Di Semarang, Cakwe bantal ini dipanggil Bolang-Baling. Kalau di Bandung dipanggil dengan sebutan Odading rasanya manis beda dengan cakue yang Ada yang menggolongkannya sebagai kue goreng, roti goreng dan goreng - gorengan. Kue odading juga dapat diisi dengan aneka isi, seperti isi coklat. KUE BANTAL- BOLANG BALING empuk dan enak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel