Cara Membuat Bolang baling/donat goreng kopong Kekinian

Bolang baling/donat goreng kopong. Beginilah langkah dapat memasak hidangan ini. Instruksi memasak Bolang baling/donat goreng kopong. Lihat juga resep Roti goreng / donat goreng enak lainnya.

Bolang baling/donat goreng kopong Bagaimana cara membuat Galundeng atau Bolang Balong Enak dan Empuk ini kita lihat resep bolang-baling berikut ini. Bolang-baling yang satu ini cukup melegenda di Kota Semarang. Setelah berimigrasi ke Semarang, nenek jualan bolang-baling ini. Cara membuatnya cukup mudah Bolang baling/donat goreng kopong menggunakan 10 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Bolang baling/donat goreng kopong

  1. Siapkan 365 gr tepung terigu serbaguna.
  2. Dibutuhkan 75 gr gula pasir.
  3. Dibutuhkan 5 gr ragi instan.
  4. Siapkan 1/4 sdt garam.
  5. Dibutuhkan 10 gr baking powder.
  6. Dibutuhkan 100 ml susu cair.
  7. Siapkan 130 gr putih telur.
  8. Siapkan 30 gr whip cream cair.
  9. Dibutuhkan Taburan : wijen.
  10. Siapkan Tambahan : 1 sdt minyak.

Bolang-baling pertama yang ada di Semarang Nggak kopong atau besar dari bentuk luarnya saja. Wijen dan gula yang tertabur di atasnya menambah kelezatan rasanya. Kue bolang baling merupakan kue goreng tradisional yang terkenal di berbagai daerah di Indonesia roti bolang baling dikenal pula dengan nama kue golang galing ada juga yang menyebutnya dengan nama kue galundeng. kue bolang baling biasanya dilapisi dengan gula merah dan wijen. Goreng bolang-baling di dalam minyak dan jangan masukkan adonan sekaligus banyak agar maksimal matangnya.

Langkah Pembuatan Bolang baling/donat goreng kopong

  1. Mixer semua menjadi satu selama kurleb 3 menit.Asal tercampir rata. Diamkan 1 jam.Jangan lupa tutup dengan kain.
  2. Tambahkan 1 sdt minyak.mixer hingga setengah kalis.(jangan sampai kalis).
  3. Lumuri kontainer dengan minyak.Pindahkan adonan ke dalam kontainer.Tutup dan biarkan 2 jam hingga mengembang.
  4. Setelah mengembang,jangan kempiskan adonan.tuang adonan ke alas yg yang sudah ditaburi tepung.ingat y jangan dikempiskan.bentuk lonjong.Bagi 2 memanjang.Lalu masing-masing bagian bagi 10.Lumuri bagian atas dg tepung juga.
  5. Ambil 1 bagian,buka bagian dalam yg basah,bulatkan dan gulingkan adonan ke dalam mangkuk yg berisi kacang wijen.ulangi hingga adonan habis.Masukkan dalam kontainer, tutup, dan biarkan 2 jam.
  6. Saatnya digoreng...sebelum digoreng,gilas adonan hingga ketebalan kurleb 5 mm.masukkan ke dalam minyak.ketika sudah mulai mengembang/menggembung bagian pinggirnya,segera balik adonan,tunggu bagian yang terendam minyak kecoklatan,balik kembali. Angkat jika sudah mayang atau kecoklatan..

Goreng dengan api kecil sambil bolang-baling dibalik-balikkan hingga permukaannya matang kecoklatan. Angkat dan tiriskan, letakkan kue diatas tisu dapur untuk. Bolang baling adalah kue yang mirip dengan donat. Di Banyumas kue bolang baling ini disebut dengan nama galundeng. Galundeng adalah roti goreng yang terbuat dari tepung terigu dengan rasa enak, umumnya dijual di pinggir jalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel