Cara Memasak Bolang baling/ roti bantal Yang Renyah

Bolang baling/ roti bantal. Kita bisa menyebut makanan ini dengan nama bolang-baling, donat, roti goreng, kue bantal atau mungkin puluhan nama lainnya, karena saya rasa semuanya layak disandangkan ke makanan sedap yang satu ini. Dulu ketika saya masih kecil dan tinggal di Paron, maka pedagang bolang-baling. Walau banyak sich ya.yang jual di pinggir jalan banyak.tapi kadang mau beli suka ragu.soalnya buat adonan juga di pinggir jalan biasanya.jadi nggak tega dech.bertabur debu kayaknya.hihi. kue-bantal-bolang-baling-tokomesin.

Bolang baling/ roti bantal Bolang-baling pun siap disajikan 🤗 #bolangbaling #odading #rotibantal #dapuraminita. meTube.id - Resep Cara Membuat Roti Bantal-Bolang-Baling-Odading. Kue bolang baling merupakan kue goreng tradisional yang terkenal di berbagai daerah di Indonesia roti bolang baling dikenal pula dengan nama kue golang galing ada juga yang menyebutnya dengan nama kue galundeng. kue bolang baling biasanya dilapisi dengan gula merah dan wijen. Terserah mau dipanggil apa yang jelas kue ini empuk enak dan bikin kenyang. Cara membuatnya tidak susah Bolang baling/ roti bantal menggunakan 14 bahan dan 3 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Bolang baling/ roti bantal

  1. Dibutuhkan 500 gr tepung terigu.
  2. Siapkan 120 gr gula pasir.
  3. Siapkan 1/2 sdt ragi instan.
  4. Siapkan 1 sdt soda kue.
  5. Siapkan 1 sdt vanili bubuk.
  6. Dibutuhkan 1 butir telur.
  7. Dibutuhkan 1/2 sdt garam.
  8. Siapkan 200-250 ml air.
  9. Siapkan 30 gr margarin.
  10. Dibutuhkan 50 gr mentega putih.
  11. Siapkan Topping.
  12. Siapkan 50 gr wijen.
  13. Dibutuhkan 1, 5 sdm gula halus.
  14. Dibutuhkan 2-3 sdm air.

Bolang baling merupakan nama kue tradisional yang terbuat dari tepung terigu dengan bentuk kotak mengembang seperti bantal. Bolang-baling yang terbuat dari tepung terigu ini memiliki kandungan gizi yang cukup banyak. Seperti karbohidrat, kalsium, protein, vitamin A, Vitamin B serta minyak nabati. Most relevant Best selling Latest uploads. v mem­ bantah bantal [bantal] n bantal bantaran [bantaran] n tepian sungai bantas [bantas] v langsung; tidak berhenti bantat [bantat] n adonan kue yg belang bolang-baling [bolaÅ‹ baliÅ‹] n. nama kue terbuat dari adonan. terigu yang digoreng boled [bolÉ™d] n ubi jalar bolèng [bolEÅ‹] n sebagian ada.

Langkah Pembuatan Bolang baling/ roti bantal

  1. Masukkan semua bahan kering, bila sdh tercampur masukkan telur dan air, tambahkan mentega putih dan margarin, masukkan garam, uleni hingga kalis, diamkan hingga 1 jam.
  2. Setelah 1 jam,campurkan wijen, gula halus dan air, sisihkan. gilas adonan, taburi dengan wijen, oles hingga rata, tepuk-tepuk dengan sendok, potong dan goreng hingga matang (cara menggoreng sama dengan menggoreng donat ya).
  3. Ini hasilnya.

Bolang-baling atau Galundeng kulit luarnya yang terlihat coklat muda. Untuk membuat donat/roti gunakan tepung cakra, tetapi jika untuk kue kering bagusnya pakai tepung segitiga. Bolang baling adalah kue yang mirip dengan donat. Di Banyumas kue bolang baling ini disebut dengan nama galundeng. Galundeng adalah roti goreng yang terbuat dari tepung terigu dengan rasa enak, umumnya dijual di pinggir jalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel