Cara Membuat Onde-onde Goreng / Kue Ketawa Yang Renyah

Onde-onde Goreng / Kue Ketawa. Kue onde-onde memiliki berbagai macam jenis, dan mengapa kue onde-onde kali ini disebut dengan onde-onde ketawa? Hal ini disebabkan karena kue onde-onde ini memiliki bentuk yang merekah serta terlihat sangat cantik. Cara membuat kue tradisional yang nikmat dan renyah ini cukup mudah.

Onde-onde Goreng / Kue Ketawa Cara membuat kue onde onde kering maupun basah, baik yang biasa maupun yang ketawa cukup mudah kok bahkan tanpa mixer. Kue onde onde termasuk dalam aneka jajanan tradisional indonesia yang enak dan ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Kue onde-onde dikenal luas sebagai jajanan pasar yang populer dengan khas lapisan wijen dan aneka isi Salah satu variannya adalah onde onde ketawa karena menyerupai mulut yang sedang tertawa bila dilihat Bedanya kue goreng ini pecah merekah serta bertekstur kering dan renyah tetapi empuk. Cara membuatnya tidak sulit Onde-onde Goreng / Kue Ketawa menggunakan 9 bahan dan 8 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Onde-onde Goreng / Kue Ketawa

  1. Siapkan 250 gr tepung terigu.
  2. Dibutuhkan 2 sdm tepung maizena.
  3. Dibutuhkan 85 gr gula halus.
  4. Dibutuhkan 70 gr margarin (dicairkan).
  5. Siapkan 1 butir telur.
  6. Siapkan 1/2 sdt baking soda.
  7. Siapkan Minyak untuk menggorreng.
  8. Siapkan secukupnya Wijen putih.
  9. Dibutuhkan Air.

Namanya yang unik ini terinspirasi dari bentuk kue yang merekah lebar seperti orang yang sedang tertawa. Celupkan bola-bola dalam air sebentar saja langsung gulingkan ke wijen putih. Goreng dalam minyak panas hingga mekar dan berwarna kecoklatan. Nama yang cukup unik untuk panganan khas jakarta ini namun jika dilihat dari segi bentuknya memang hampir mirip kue roti goreng atau apem Untuk anda yang berminat ingin membuat onde-onde ketawa, silahkan anda siapkan dulu bahan baku yang digunakan.

Cara Pembuatan Onde-onde Goreng / Kue Ketawa

  1. Cairkan margarin. Sisihkan, tunggu hingga dingin suhu ruang.
  2. Campur terigu dengan maizena dan baking powder, aduk rata, sisihkan.
  3. Siapkan wadah, masukkan telur dan gula, aduk rata lalu masukkan margarin cair aduk rata.
  4. Lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata, uleni adonan hingga kalis.
  5. Bentuk adonan, bulat2 kira 20gr atau sesuai selera. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Basahi wijen dengan air sedikit lalu taruh di wadah. Masukkan adonan, goyang2 hingga wijen menempel.
  7. Siapkan wajan dan minyak dgn api kecil, tunggu hingga panas. Masukkan adonan, tunggu hingga mekar dan kecoklatan..
  8. Onde-onde ketawa siap disajikan. 😉.

Ya, Kue Onde onde merupakan salah satu jenis kue yang harus kita lestarikan keberadaannya Seiring perkembangan jaman, ada banyak varisi resep kue ini, seperti Resep Onde onde Ketawa Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Masukkan kue mentah di atas pelan pelan supaya. Resep Kue kering Onde onde ketawa. Goreng dalam wajan dengan minyak banyak dan api sedang hingga mekar dan berwarna kuning kecoklatan. Onde onde, bentuknya yang bulat dengan balutan biji wijen dan biasanya berisi kajang hijau menjadi ciri khas kue yang satu ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel